Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan Pantai dalam Rangka HUT ke 59 Pertamina
Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan Pantai dalam Rangka HUT ke 59 Pertamina

Tanggal 10 Desember 2016, merupakan hari ulang tahun PT Pertamina Persero yang ke-59. Perusahaan yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi Negara ini didirikan pada tanggal 10 Desember 1957 di Jakarta. Dalam rangka HUT ke-59 ini, Pertamina mengadakan program tanggung jawab sosial atau CSR (Corporate Social Responsibility) dengan tema Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan Pantai.

Pertamina Bersihkan Pantai Serentak di 5 Kota

Aksi membersihkan kampung nelayan dan program pemberdayaan tersebut tersebar antara lain di Pantai Kampung Bugis, Tanjung Uban Kepulauan Riau; Pantai Grand Watu Dodol, Banyuwangi Jawa Timur; Pantai Mutiara Hijau, Karangsong Balongan Jawa Barat; Pantai Teluk Penyu, Cilacap Jawa Tengah dan Pantai Kampung Atas Air, Balikpapan Kalimantan Timur.

Pemilihan lokasi yang berada di daerah yang memiliki pantai ini dikarenakan Pertamina memiliki wilayah operasi yang sebagian besar diantaranya bersentuhan dengan pantai.

Sebagai bentuk komitmen PT Pertamina untuk selalu meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar wilayah operasionalnya, maka dipilihlah kegiatan pemberdayaan pesisir dan pembersihan pantai.

Kegiatan ini ditujukan untuk menggugah kesadaran dan kepedulian masyarakan untuk lebih peduli akan kelestarian lingkungan pesisir pantai, khususnya dengan menjaga kebersihan dan pemeliharaan pohon di sekitar pantai.

Kegiatan Selain Bersih Pantai

Di Kepulauan Riau, kegiatan yang populer dengan #PertaminaBersihkanPantai ini dilaksanakan di Pantai Kampung Bugis, Tanjung Uban. Selain membersihkan area pantai dan sekitarnya, kegiatan Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan Pantai ini juga diikuti oleh kegiatan lainnya, yaitu penanaman pohon di pesisir pantai, pengobatan massal yang bertempat di belakang kantor lurah Tanjung Uban Utara dan stand kerajinan tangan masyarakat sekitar.

Read also:  Things To Do in Batam Center Kegiatan Wisata di Batam Center

Selain kegiatan-kegiatan positif yang dilaksanakan langsung di hari yang sama, PT Pertamina Persero juga memberikan bantuan CSR berupa santunan untuk 59 anak yatim, bantuan pendidikan berupa alat sekolah, bantuan pengelolaan sampah, taman baca, dan rumah baca.

Pagi hari sebelum acara dimulai, peserta dan warga sekitar yang ikut serta dalam kegiatan ini melakukan pemanasan dengan senam Maumere. Senam yang seru ini pun membuat suasana semakin meriah. Apalagi dengan hadirnya duo MC yang seru dan interaktif, serta suka membagikan hadiah dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan di sela-sela acara.

Kegiatan utama resmi dimulai dengan dipukulnya gong dan penyerahan alat kebersihan di atas panggung. Dengan segera, peserta dan warga pesisir pantai menuju pantai untuk melakukan gotong royong pembersihan Pantai, yang dilanjutkan denganĀ  penanaman pohon di sepanjang Pantai Sakera, Kampung Bugis, Tanjung Uban Utara, Bintan.

Senam pagi bersama
Senam pagi bersama
Doa bersama sebelum kegiatan dimulai
Doa bersama sebelum kegiatan dimulai
Kerajinan tangan masyarakat sekitar
Kerajinan tangan masyarakat sekitar
Bantuan CSR kepada 59 anak yatim
Bantuan CSR kepada 59 anak yatim
Kegitan utama Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan Pantai
Kegitan utama Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan Pantai

Dihadiri oleh Gubernur Kepri

Kegiatan Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan Pantai oleh Pertamina dan didukung oleh Harian Kompas ini dihadiri oleh Direktur Keuangan PT Pertamina Persero, Bapak Arief Budiman dan Wakil Pimpinan Redaksi Kompas, Ibu Ninu Mardiana. Bapak Nurdin Basirun, Gubernur Kepri juga turut hadir di sela-sela acara dan sempat bernyanyi dan berjoget bersama warga sekitar, yang tentunya mendapat respon sangat positif dari peserta dan warga yang hadir.

Read also:  Batam Tourist Attractions in Nongsa Area which Mandatory Visited Tempat Wisata Batam di Kawasan Nongsa yang Wajib Dikunjungi
Gubernur Kepri Nurdin Basirun yang bernyanyi setelah memberikan sambutan
Gubernur Kepri Nurdin Basirun yang bernyanyi setelah memberikan sambutan

Diharapkan setelah kegiatan ini, kebersihan dan keasrian pantai tetap terjaga, sehingga memaksimalkan potensi pantai yang ada di Kampung Bugis pada khususnya dan di Bintan pada umumnya.

2 COMMENTS

  1. luar biasa kegiatan semacam ini, bisa memberikan pengaruh positif bagi masyarakat sekitar khususnya dan umumnya masyarakat Indonesia.

    sekali lagi di ingat kan bahwa kebersihan itu adalah sebagian dari iman

    terima kasih enjoy batam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here