Ketika mendengar kata “angkringan” maka bayangan kita akan ke Yogyakarta, ya angkringan identik dengan tempat nongkrong pinggir jalan yang kebanyakan berada di kota Yogya dan kota lain di Jawa Tengah. Tetapi kini angkringan sudah menjamur di Kota Batam. Hal ini kemungkinan dikarenakan masyarakat perantauan dari daerah Jawa yang cukup dominan di Kota Yogya yang kemudian dimanfaatkan peluang ini oleh oleh orang-orang kreatif yang memiliki jiwa wirausaha untuk menjalankan bisnis angkringan ini.

Bagi warga Batam ataupun wisatawan di Kota Batam menikmati sajian atau sekedar nongkrong di angkringan bisa menjadi pilihan. Angkringan menjadi pilihan murah bagi warga Batam yang sebagian besar adalah pekerja industri untuk melepaskan lelah setelah seharian bekerja.

Angkringan menjadi alternatif bagi masyarakat dan wisatawan di Batam yang biasanya nongkrong di kafe atau coffee shop yang wah, untuk menikmati suasana yang berbeda dan kembali ke suasana pedesaan. Di angkringan ini kita bisa menikmati hidangan yang murah seperti nasi kucing dengan lauk pauknya. Tetapi sajian angkringan di Batam agak berbeda dibandingkan di Yogyakarta, di Batam jenis makanan yang disajikan lebih bervariasi seperti roti bakar, ayam penyet, ayam bakar, sate ayam, gado-gado dan masih banyak lagi.

Tentu saja yang menjadi sajian utama setiap angkringan di Batam adalah teh obeng (es teh manis khas Batam), kopi, kopi jahe, teh jahe, kopi susu jahe dan bandrek. Berbeda dengan angkringan di Yogyakarta yang biasanya menggunakan meja dan bangku panjang, di Batam angkringan di buat sangat santai menggunakan meja pendek ukuran kecil yang diletakkan di atas tikar dan pengunjung duduk lesehan. Biasanya lokasi angkringan berada di halaman atau tempat parkir perkantoran atau komplek pertokoan dan dilengkapi dengan Wi-Fi gratis, dalam satu komplek bisa sampai puluhan angkringan sehingga lebih banyak pilihan bagi pengunjung. Pengunjung bisa bersosialisasi dalam sebuah komunitas di angkringan ini atau sekedar nongkrong sambil surfing di internet.

Lokasi angkringan di Batam yang cukup populer diantaranya adalah Komplek Graha Sulaiman Nagoya, Komplek Pasar Mega Legenda, Mall Top 100 Batuaji, komplek pertokoan Batavia Batuaji.

Share your thought